The Falcon Saga

Merubah Karakter Anak Dengan Membaca Buku Bersama Orang Tua

Source from google.com

 

Membiasakan membaca buku bersama anak sangat efektif untuk berdiskusi bersama-sama mengenai karakter tokoh yang hadir pada buku yang dibaca. Anak dapat belajar mengenai hal-hal yang bisa ditiru dan yang tidak boleh ditiru.

Hal ini pernah terjadi dikehidupan saya. Papa saya menginginkan saya menjadi anak yang lebih lembut dari sebelumnya. Papa membelikan saya buku Totochan: The little girl at the window karya Tetsuko Kuroyanagi. Papa meminta saya untuk membaca dan membuat laporan hal-hal yang baik yang bisa saya tiru dari setiap chapter nya. Tak hanya itu, beliau meminta saya untuk mempelajari hal buruk yang terjadi dan meminta saya untuk mencari tahu kenapa hal tersebut terjadi.

Dari situ saya belajar setiap orang  yang melakukan suatu hal yang buruk, pasti memiliki alasan. Kita bisa menganalisa alasan mereka, ada yang bisa ditolerir ada yang tidak. Hasil akhirnya kita yang putuskan.

Pernah suatu hari, Papa bercerita tentang seorang anak beruang yang bembawa 2 apel pulang ke rumah. Satu apel sudah ia gigit, satu apelnya masih utuh. Sang induk bertanya “Apa yang kau makan anakku?”.

“Aku mendapatkan apel yang sangat manis, aku juga membawakan 1 untuk ibu.” Terang anak beruang.

“Wah terimakasih banyak anakku.” Ucap sang induk. Tetapi tiba-tiba sang anak beruang menggigit kecil apel tersebut. Kemudian ibunya bertanya kenapa ia melakukannya.

Disitu Papa berhenti bercerita dan menanyakan pendapat saya tentang hal yang dilakukan sang anak beruang. Saya menjawab, “Ih anak beruangnya serakah. Harusnya kalau mau kasih orang, nggak digigit dulu. Khan kasih orang itu harus yang bagus! Benar nggak Pa?”

Papa tersenyum dan melanjutkan ceritanya. Papa bercerita kalau anak beruang melakukan hal tersebut untuk memastikan apel yang ingin ia berikan ke sang induk memiliki rasa manis yang sama dengan apel yang telah ia makan terlebih dahulu. Menarik bukan ceritanya?

Dari sini saya terinspirasi untuk membacakan dan membaca buku-buku bersama anak-anak saya dari sedini mungkin. Karena dari pengalaman dan juga informasi tambahan yang saya dapatkan, kegiatan ini memiliki segudang manfaat. Salah satunya membuat orang tua lebih perhatian dan menyayangi anak-anaknya. Serta, membentuk bonding yang kuat antara orang tua dan anak.

1 thought on “Merubah Karakter Anak Dengan Membaca Buku Bersama Orang Tua”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *