The Falcon Saga

Menu Sarapan Cirebon Yang Wajib Dicoba

Menu Sarapan Khas Cirebon Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung

Menu Sarapan Cirebon – Bagi anda yang sedang mengunjungi Kota Cirebon, wajib bagi anda mencoba kuliner lezat yang sering disantap oleh warga Cirebon. Apa saja menunya? Silahkan membaca. ^_^

 

1. Menu Sarapan Nasi Lengko Bu Heny

Nasi lengko adalah menu sarapan wajib bagi warga lokal Cirebon. Saking wajibnya, anda dapat menemukan penjual nasi lengko di setiap sudut kota Cirebon.

Menu Sarapan Cirebon Yang Wajib Dicoba
Nasi Lengko Bu Henny

Menu ini sangatlah sederhana. Nasi yang dihidangkan dengan toge rebus, cacahan timun segar, tempe dan tahu goreng hangat, siraman bumbu kacang dan kecap matahari khas Cirebon yang menggoyang lidah, serta taburan kucai dan bawang goreng yang renyah. Jika anda pecinta rasa pedas, anda bias menambahkan sambal ke dalam menu ini. Dijamin rasanya yahut abis. Eits, jangan lupa makan dengan kerupuk putih cap ikan yah. Supaya lebih nikmat lagi.

Membacanya saja membuat anda berliur bukan? Jika anda menginap di sekitaran stasiun kota, anda bisa pergi ke Rumah makan Bu Heny yang terletak di jalan siliwangi, tepatnya samping Donat Madu Siliwangi.

Warung Nasi Lengko Bu Henny
Warung Nasi Lengko Bu Henny Tampak Depan

Untuk mendapatkan sepiring nasi lengko, anda cukup membayar dengan harga Rp 6.000,-. Sangat murah bukan? Anda juga dapat me-request telur dadar sebagai lauk tambahan nasi lengko. Anda hanya perlu menambah Rp 3.000,- saja.

Anda juga wajib menyicipi perkedel jagung yang dijajakan di rumah makan ini. Karena apa? Karena rasa perkedel jagung di sini sangatlah enak. Satu perkedel jagung hanya dihargai Rp 1.000,- saja.

Nah, dengan mengeluarkan kocek Rp 10.000,-, anda sudah bisa menikmati menu sarapan kenyang dan lezat. Untuk minumnya, anda bisa mendapatkan teh hangat gratis atau memesan the manis hangat/dingin dengan mengeluarkan tambahan uang Rp 3.000,-. Teh yang disajikan di rumah makan ini adalah teh poci, teh khas Cirebon yang sangat nikmat.

 

2. Menu Sarapan Nasi Kuning Pekalangan

Semua orang pasti familiar dengan nasi kunging. Eits, tapi beda lho dengan menu sarapan nasi kuning Pekalangan khas Cirebon ini. Aroma nasinya lebih wangi dari nasi kuning yang biasa anda santap di kota-kota lain. Saya pun bingung mengapa demikian.

Menu Sarapan Cirebon Yang Wajib Dicoba
Nasi Kuning Pekalangan Cirebon

Jika Anda sedang mengunjungi Cirebon, sempatkan diri anda menyicipi menu nasi kuning Pekalangan sebagai menu sarapan anda. Di sebut nasi kuning Pekalangan, yah karena tempatnya di jalan Pekalangan, samping toko Baby Kids dan depan Corona tailor.

Nasi kuning pekalangan ini disajikan dengan suguhan beberapa lauk yang bisa anda pilih. Nasi kuning biasa berarti lauk yang disajikan adalah abon sapi, dadar suir, perkedel kentang, oreg tempe kering dengan campuran teri Medan dan kacang tanah goreng, sambal terasi yang nikmat, taburan bawang goreng renyah, dan lalapan beberapa potong timun serta kemangi segar. Lauk yang paling saya suka adalah oreg kering dengan campuran teri medan dan kacang tanah goreng ini. Rasanya sangat gurih dan lezat. Biasanya saya akan memesan tambahan lauk oreg tempe kering untuk dibawa pulang.

Menu lainnya ada nasi kuning telor setengah, nasi kuning telor utuh, nasi kuning ayam goreng kering, nasi kuning daging (jaminan lembut bgt dagingnya), dan nasi kuning telor daging.

Untuk harnyanya pun terbilang murah, hanya berkisaran Rp 9.000,- – Rp 25.000,- saja. Tenang! Masalah minum, warung ini menyediakan the hangat gratis dan pastinya the poci khas Cirebon.

Oh yah, jika anda benar-benar ingin sarapan disini. Pastikan anda bangun pagi. Di google map business, mereka mencantumkan buka dari jam 5.30 – 11.00 siang. Jika anda datang jam 10.00, saya ragu kalian masih bisa menikmati menu lengkap dan terkadang nasi kuning pekalangan ini sudah habis terjual. Ini sering terjadinya karena, yah memang benar-benar enak rasanya. Pastikan anda menconya!

3. Menu Sarapan Ayam Goren Santa

Kenapa namanya Ayam Goreng Santa? Karena sang penjual berjualan di depan Sekolah Santa Maria Cirebon. Mereka berjualan hanya dengan dondangan saja. Tapi MasyaAlloh, antrinya sudah seperti antri sembako. Hahaha.

Menu sarapan kali ini terlihat biasa, nasi, ayam dan aneka sate jeroan goreng. Tapi mereka membuat sambal khas yang tidak bisa ditiru penjual nasi ayam lainnya dan rasanya itu lho. MasyaAlloh, saya yang sedang berpuasa Ayyamul Bidh (Rabu, 27 Jan 2021) sambil menulis artikel ini saja sampai menelan liur membayangkan menu Ayam Goren Santa ini. Astagfirulloh. Hahaha

Menu Sarapan Cirebon Yang Wajib Dicoba
Ayam Goreng Santa. Sumber Foto: jejakpiknik.com

Untuk harganya pun sangat terjangkau sekali.

  • Nasi Rp 2.500,-
  • Ayam paha / dada Rp 9.000,-
  • Sate usus, kulit, ati, dan ampela @ Rp 2.000,-
  • Air putih gratis

Tapi jangan khawatir jika kalian ingin minum teh manis dingin/hangat. Karena diseblah dondangan Ayam Goreng Santa ini ada penjual Tong Tji yang dijual dengan harga mulai dari Rp 5.000,-.

4. Bubur Ayam Muhammad Toha

Benar! Hanya bubur ayam saja. Lebih tepatnya seperti burjo. Tapi antrinya luar biasa sekali di jam-jam sarapan. Menu sarapan Bubur yang disajikan adalah bubur nasi kering, alias tanpa kuang kuning yang biasanya anda santap. Walaupun tanpa kuah kuning, bubur ini sangatlah nikmat. Dengan ditaburi suiran ayam goreng, kacang kedelai goreng, wortel kering khas dari bubur ini, siraman kecap matari (kecap khas Cirebon), taburan daun seledri, dan tumpukan kerupuk orange benar-benar membuat warga Cirebon yang merantau merasa kangen untuk menyantap menu sarapan ini.

Rasanya yang nikmat sudah dibuktikan oleh murid-murid pilot saya yang sedang mengambil PPL (Private Pilot License), CPL (Commercial Pilot License), ataupun IR (Instrumental Rating).

Saking enaknya, jika benar-benar lapar karena skip makan malam di hari sebelumnya, saya bisa menghabiskan 2 porsi bubur. Terkadang saya menyiasati agar tidak makan 2 porsi bubur denga cara memesan 1 telur ayam kampung setengah matang yang saya makan dengan madu sebelum menyantap 1 porsi bubur. Padahal sama saja yah? Hihihi

Sarapan Khas Cirebon
Bubur Muhammad Toha Cirebon. Sumber Foto: travelyuk.com

Untuk harga sangatlah terjangkau. 1 porsi bubur ayam hanya dibandrol Rp 8.000,- saja. Telur setengah matang Rp 3.000,-, dan bubur kacang hijau dengan ketan hitam Rp 3.000,-. Biasanya saya memesan bubur kacang hijau Rp 5.000,- untuk saya bawa pulang dan saya santap di jam-jam mendekati makan siang atau jam snack sore.

Sebelumnya jam buka Bubur Muhammad Toha ini adalah 24 jam lho. Tapi semenjak pandemi Covid-19 ini berubah, yaitu mulai pukul 5:00 dini hari hingga pukul 21:00 saja. Pastikan anda mampir ke Bubur Muhammad Toha ini yah.

5. Docang / Doclang

Warga luar Cirebon pasti merasa aneh dengan menu sarapan satu ini. Tapi sebagai warga yang besar dan menetap lama di Cirebon, menu ini masuk ke menu sarapan favorit. Biasanya saya membeli dari tukang Docang yang mangkal di perumahan Pilang. Mengapa? Karena menurut lidah saya, docang yang paling enak adalah yang ini. Rasanya benar-benar gurih sekali. Teman-teman yang pernah menginap di rumah dan mencoba menu ini, selalu ketagihan.

Awalnya mereka ragu karena penampilannya yang aneh. Bayangkan lontong yang ditumpuk dengan toge rebus, daun singkong rebus, parutan kelapa, siraman kuah bening dengan campuran dage, serta kerupuk docang. Apa yang ada dipikiran anda? Sangat tidak menarik bukan? Tapi tunggu sampai anda merasakannya. Saya yakin anda akan ketagihan.

Sarapan khas Cirebon
Docang Cirebon. Sumber Foto: Egindo.co

Untuk harganya sangatlah murah. Anda bisa membelinya mulai dengan harga Rp 3.000,- saja. Tapi kadang saya membelinya dengan harga Rp 5.000,-. Selain suka dengan menu ini, saya berfikir “Zaman sekarang orang jualan Rp. 3.000,- dapet apa?” Betul ga?

Nah itulah 5 menu sarapan kuliner di Cirebon yang harus kalian coba saat berkunjung. Saya jamin, anda semua pasti tidak akan pernah bisa melupakan rasanya. Hihihi

Pepatah orang Cirebon lama “Semua orang luar Cirebon yang makan masakan Cirebon pasti suka. Tapi Orang Cirebon makan masakan orang luar Cirebon, belum tentu bisa suka.” Dan itu terbukti kepada saya. Walaupun saya bukan asli warga Cirebon. Xixixi

Clara Kinasih

47 thoughts on “Menu Sarapan Cirebon Yang Wajib Dicoba”

  1. Duh, baca ini malam-malam jadi bikin laper. Haha... Sangat menarik ya menu sarapan khas Cirebon. Harganya juga terjangkau banget. Aku paling penasaran sama Nasi Lengko, Ayam Goreng Santa, dan Docangnya. Kayaknya enak banget gitu, dan aku belum pernah makan sebelumnya.

  2. Cara penulisan & ilustrasi foto nya bikin baper pengen makan tengah malem nih terutama ayam goreng santa & bubur Muhammad Toha..hehe..
    Postingannya cocok dibaca malem2 sama orang yang lagi komit ngga makan lagi di atas jam 7 malem alias buat ujian mental..
    Kira2 "imannya" tergoda ngga ya..hehe..

    Btw, nice article!

    1. Kakak pasti kuat kok..
      Setelah baca artikel ini,nggak langsung cari kudapan khan..?😆✌🏻
      Terimakasih sudah membaca artikel ini kak...🙏🏻😊

  3. Terakhir ke cirebon itu pas singgah perjalanan dari jakarta menuju semarang. Waktunya sore hari. Jadi ga bisa menikmati kuliner untuk sarapan. Hiiks

    Saat itu aku dan teman-temanku memilih makan empal gentong. Yap, itu salah satu kuliner khas cirebon.

    Mungkin jika suatu saat ke cirebon pada pagi hari bisalah pilihan kuliner di atas jadi pilihan menu sarapan.

    Makasih mbak clara untuk informasinya 🙂

    1. Next, sempatkan visit lebih lama di Cirebon yah kak...
      Supaya bisa coba menu sarapan khas Cirebon.. 🙏🏻😊
      Terimakasih sudah membaca artikel ini kak...🙏🏻😊

  4. Waktu aku ke Cirebon, aku juga sarapan docang tapi dekat hotelku menginap, soalnya itu kayanya memang cuma ada di Cirebon ya. Kalau gak salah ingat waktu itu rasanya agak pedas, atau lidahku aja yang terlalu lemah. Mungkin lain kali aku harus coba yang di Perumahan Pilang.

  5. Kok saya baca Pekalangan di otak ke bacanya pekalongan.

    Membahas mengenai kuliner memang seru. Makanan khas nusantara banyak yang mirip ya, seperti Nasi Lengko mirip nasi Pecel cuma ada taburan kucaynya, Bubur ayam cirobon ada wortel keringnya.

    Btw kerupung docang itu terbuat dari apa? Mungkin mirip dengan kerupuk di daerah lain..

    1. Xixixi
      Agak mirip yah kak..
      Aduh membaca kata pecel di malam hari bikin ngidam euy...
      😆🙊
      Kerupuk docang lebih bantet dari kerupuk putih yg ikan itu kak..
      Nggak ada rasa gurih ikannya..
      .
      Terimakasih sudah membaca artikel ini kak...🙏🏻😊

  6. Jadi inget pas perjalanan ke Jatim akhir tahun lalu sempat mampir ke Cirebon buat makan siang. Saat itu banyak yang makan nasi lengko. Ah, jadi kangen Cirebon.

    Anyway, next diperbaiki ya tulisannya karena banyak typo.

    1. Oh yah...
      Next, main-main lebih lama di Cirebon yah Koh..
      Iyah koh, InsyaAlloh Clara perbaiki...
      Terimakasih untuk arahannya koh...🙏🏻😊
      Terimakasih juga sudah membaca artikel ini koh...🙏🏻😊

    1. Main ke sini Antin...
      Nanti Clara ajak makan Nasi Ayam Goreng Santa...
      Nex Carlos ternyata sudah nyobain lho...
      Dan dia bilang kalau dia mau makan lagi, kudu dateng ke Cirebon...
      Dari situ juga, InsyaAlloh review Clara benar ttg menu ini...
      Terimakasih sudah membaca artikel ini yah...🙏🏻😊

  7. “Semua orang luar Cirebon yang makan masakan Cirebon pasti suka. Tapi Orang Cirebon makan masakan orang luar Cirebon, belum tentu bisa suka.”

    Bisa aja nih orang Cirebon, Tapi ada benar nya juga sih

  8. Duhhh Cirebon memang surga kuliner makanan enak ya...dulu sempet main 1 hari ke Cirebon, makanannya emank enak2....udah gitu murah lagi...baca artikel ini auto ngiler semuanya....ahh moga someday bsa balik lagi ke Cirebon khusus utk kulineran...

  9. Aku belum pernah ke Cirebon. Baca ini jadi ingin kuliner ke Cirebon, apalagi baca di jam makan siang begini. Hehe.

    Btw, aku belum pernah dengar Docang. Taburan Dage itu apa ya, Kak?

    1. Tuty Prihartiny

      Hai Kak Clara!
      Walaupun vegetarian dan tidak menyantap nasi, pagi di Cirebon memang terlalu menarik untuk dilewatkan. Semua menu sarapan cirebon yang wajib di coba_recommended kak Clara tersebut, sudah saya datangi untuk menemani keluarga 'hunting' kuliner sambil minum teh hangat. Salah satu cara memulai hari dengan sangat menyenangkan sekali.

  10. Aku penginnya nyobain empal gentong, tapi mau mampir gak ada temennya pas lewatin cirebon jadinya sampai sekarang masih penasaraaan 😺😺😺

  11. Selama ini kalau ke Cirebon paling transit aja, malah belum pernah coba kulineran di sana. Semoga kalau lagi ke Cirebon bisa nyobain salah satu makanan yang direkomendasiin di sini.

    1. Next time, sempatkan berkunjung yah kak...
      Supaya bisa mencicipi menu-menu di atas...
      Terimakasih sudah membaca artikel ini yah kak...🙏🏻😊

    1. Bener, Nex Carlos pernah juga..
      Yang cantik depannya M itu juga pernah kalau ga salah...
      Lain waktu,sempatkan main lebih lama yah kak..
      Jadi bisa coba menu sarapan di Cirebon ini..
      Terimakasih sudah membaca artikel ini yah kak...🙏🏻😊

  12. ayam goreng Santa bikin ngiler banget ih. Cirebon salah satu destinasi yang belum aku jajal nih. Ternyata menu sarapan aja beragam banget ya di sana.

  13. Dulu sempat ke Cirebon cuma cobain nasi Lengko doang. Itu pun dekat dengan penginapan. Untuk makanan lain belum cobain, semoga setelah pandemi ini bisa kembali mampir ke Cirebon.

  14. Kak, aku auto lapeeeer. Memang enak-enak kuliner Cirebon ya,bikin kita makan dan makan. Aku sudah pernah ke Cirebon dan full keliling makan-makan melulu...Dan list ini belom kudatangi.
    Noted, nanti ke Cirebon bakal coba. Oh ya, nasi lengko yang paling kusuka...di Jakarta pernah coba, eh jauuuh rasanya haha

  15. Untuk aku yang memang doyan makan plus makannya juga banyak, senang rasanya mendapatkan rekomendasi makanan-makanan yang layak dicoba di Cirebon, meski belum pernah menginjakkan kaki kesana, namun bisa menjadi catatan bila berkunjung. Sepertinya makanan-makanan yang belum pernah aku coba itu semuanya enak, dan aku jadi merencanakan mau mencoba semuanya haha, berikut daftarnya: Nasi Lengko, yang pedas plus kerupuknya. Nasi kuning yang terdengar mngundang(penasaran sama aromanya). Ayam Goreng Santa karena sambalnya yang teramat menggoda. Bubur Ayam! For sure!! My Favorite sarapan dan penghangat di pagi hari. Beneran suka banget sama bubur ayam apalagi kalau benar-benar enak, bisa bikin ngiler dan jadi kesukaan nomor satu mengalahkan yang lain. Dan lalu, nah..docang! Wah ini bikin penasaran parah, belum pernah dengar apalagi coba tapi mau banget icip-icip. Docang kelihatannya enak banget, seger juga super murah. Wah, wah menu-menu rekomendasinya seru-seru semua ya.. Terimakasih kak Clara untuk rekomennya, mau dicoba kalau ke Cirebon.

  16. Pingback: 5 Website Penyedia Template Power Point Terbaik - The Falcon Saga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *